ANALISIS PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TRAVEL UMROH DI PT VENTURA SEMESTA WISATA DEPOK

Authors

  • Tri Bulan
  • Yunita Indriany Politeknik LP3I Jakarta
  • Nika Sintesa

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i2.1240

Keywords:

Analisis, Kepuasan Konsumen, Promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen dengan perjalanan umrah di PT Ventura Semesta Wisata Depok. Jenis pengujian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS Versi 25. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk pengujian adalah sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan contoh. Pengumpulan informasi dalam penelitian ini adalah dengan cara jajak pendapat (kuesioner). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel promosi mempunyai pengaruh yang positif dan besar dengan nilai 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 dan nilai t ditentukan sebesar 7,098 yang lebih besar dari t tabel sebesar 2,012 terhadap kepuasan konsumen

References

Agus Surya Bharmawan, S. M. (2022). Manajemen Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Scopindo Media Pustaka.

Amstrong, K. (2019). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: Prehalindo.

BADAN , P. P. (2016). KBBI IV DARING. Dipetik April 25, 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/analisis

Cooper & Schindler, D. R. (2019). Business Research Methods. McGraw- Hill Education.

Darlius, N. E. (2018, Februari 1). "Kepuasan Pelanggan Memediasi pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan". Jurnal Ilmiah Manajemen, 90-108.

Farisi dan Qahfi Romula Siregar, S. (2020, Maret 1). "Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan". Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol 3, No. 1, 148-159.

Hamonangan, E. (2019). "Strategi Promosi Jasa Perjalanan Haji dan Umroh pad PT.Mudaris Wisata Tour and Travel Pekanbaru". Skripsi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN SUSKA RIAU.

Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. UNITOMO PRESS.

Kahvi, R. M. (2022). "Analisis Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan GrabFood dimasa Covid-19". repository uinjkt.61

Kusumastuti, Ph.D., DKK, A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.Made

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. OSFPREPRINTS.

Parasuraman, A. Z. (2021). "Customer Satisfaction and Loyalty: A Framework of Dimensions and Drivers". Journal of Service Research, 24(4), 379-395.

Permono & Yusepaldo Pasharibu, V. R. (2021). "Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pizza Hut". Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, Volume 04 Nomor 01 Tahun 2021, 46-61.

Prasetiyo, B. a. (2019). "Pengaruh Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Xyz Donut". Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi 4.1, 937-952.

Pratiwi, R. W. (2020). "Pengaruh Tingkat Margin, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan Murabahah di Bank Jatim Syariah Kantor Cabang Kediri". Jurnal Pelita Nusa,59.

Putra. (2020, June 20). Pengertian Analisis : Fungsi, Tujuan dan Jenis Jenis Analisa. Diambil kembali dari https://salamadian.com/pengertian-analisis/

Putri Ariasih, M. S. (2023). Marketing Management: Best Strategies and Practices. PT. Green Pustaka Indonesia.

Riadi, M. (2020, November 29). Populasi dan Sampel Penelitian (Pengertian, Proses, Teknik Pengambilan dan Rumus). Dipetik Mei 03, 2024, dari Kajianpustaka: 62 https://www.kajianpustaka.com/2020/11/populasi-dan-sampel- penelitian.html

Risca Putri Pratama, F. H. (2023). Pemasaran Bisnis Travel Haji dan Umroh Berbasis Online dan Kerja Sama. Idarotuna, 5(2), 139-152.

Roselina dan Asih Niati, M. A. (2019). "Analisis pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen Elsa Hijab Semarang". Majalah Ilmiah Solusi, 221-234.

Saputro, R. C. (2023). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis, Kecerdasan Emosional, dan Stres Kerja terhadap Perilaku Kerja Kontra Produktif Karyawan Puskesmas Bener". Perpustakaan UNTIDAR, 1-67.

Sari dan Marsudi Lestariningsih , A. C. (2021). "Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Shopee (Studi pada Mahasiswa STIESIA Surabaya)". Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen e-ISSN: 2461-0593, 1-17.

Tanjung, S.E.,M.M, A. (2020, Desember). "Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian". Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, VOL.05 NO.03, 8-9.

Woen dan Singgih Santoso, N. G. (2021, Juli). "Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen". Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, Vol. 10 No. 2 , 146- 163.

Yulianto, A. (2024, February). Manajemen Pemasaran dalam Perspektif: Memahami Perubahan dan Tantangan. UMUS PRESSISBN: 978- 623-09-8672-7.

Downloads

Published

2025-05-02